Like Fans Page Dan Follow Twitter

x
Loading

Selasa, 04 Februari 2014

Penjelasan Tentang PPPK

UU ASN Nomor 5 Tahun 2014 telah disahkan dan telah diberlakukan tahun 2014, pegawai apa saja yang terdapat di ASN ! yakni PNS dan PPPK. Dua pegawai ini telah diatur dalam UU ASN baik sistim pengangkatan, penggajian, tunjangan, pemberhantian, serta hak dan kewajiban pegawai.
Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang selanjutnya disingkat PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.
Penjelasan Tentang PPPK

Adapun hak dari PPPK : 
1. Mendapatkan gaji dan Tunjangan
2. Cuti
3. Perlindungan
4. Pengembangan Kompetensi

Pengadaan PPPK
Pengadaan calon PPPK dilakukan melalui tahapan perencanaan, pengumuman lowongan, pelamaran, seleksi, pengumuman hasil seleksi, dan pengangkatan menjadi PPPK.
Penerimaan calon PPPK dilaksanakan oleh Instansi Pemerintah melalui penilaian secara objektif berdasarkan kompetensi, kualifikasi, kebutuhan Instansi Pemerintah, dan persyaratan lain yang dibutuhkan dalam jabatan.
Masa perjanjian kerja paling singkat 1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan dan berdasarkan penilaian kinerja.
PPPK tidak dapat diangkat secara otomatis menjadi calon PNS.
Untuk diangkat menjadi calon PNS, PPPK harus mengikuti semua proses seleksi yang dilaksanakan bagi calon PNS dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Setiap warga negara Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk melamar menjadi calon PPPK setelah memenuhi persyaratan.

Penggajian dan Tunjangan
Pemerintah wajib membayar gaji yang adil dan layak kepada PPPK, gaji diberikan berdasarkan beban kerja, tanggung jawab jabatan, dan resiko pekerjaan.
Gaji dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk PPPK di Instansi Pusat dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk PPPK di Instansi Daerah.
Selain gaji PPPK juga dapat menerima tunjangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Demikian penjelasan singkat ini semoga bermanfaat dan dapat memberikan gambaran kepada calon PPPK.
Terima kasih

Artikel Terkait :

Klik Tombol Dibawah, Ketik Email Anda Untuk Dapatkan :