Like Fans Page Dan Follow Twitter

x
Loading

Sabtu, 14 April 2012

Pengertian Hasil Belajar


PENGERTIAN HASIL BELAJAR MENURUT PARA AHLI 

Setiap orang yang melakukan kegiatan proses belajar tentunya ada hasil yang ingin dicapai. Hasil belajar tersebut mencakup proses  dan pengalaman secara individu maupun kelompok baik yang berlangsung di sekolah maupun di luar sekolah. Hasil belajar ini dinamakan prestasi. Poerwadarmita dalam Anjangsari (2005: 9) mendefinisikan prestasi belajar sebagai hasil yang diperoleh seseorang setelah mengerjakan sesuatu yang tertentu, atau tinggi rendahnya hasil yang dicapai seseorang dari suatu kegiatan yang dapat diukur dengan alat ukur tertentu.
Belajar adalah proses perubahan perilaku berkat pengalaman dan latihan. Perubahan perilaku tersebut menyangkut perubahan pengetahuan, keterampilan maupun sikap, bahkan meliputi segenap aspek organisme atau pribadi (Djamarah dan Zain, 1995: 11). Sukartiningsih (2005: 13) mendefinisikan belajar sebagai aktivitas manusia dimana semua potensi dikerahkan. Kegiatan ini tidak terbatas hanya pada kegiatan mental intelektual, tetapi juga melibatkan kemampuan-kemampuan yang bersifat emosional bahkan tidak jarang melibatkan kemampuan fisik. Rasa senang atau tidak senang, tertarik atau tidak tertarik, simpati atau antipati adalah dimensi-dimensi yang turut terlibat dalam proses belajar.
Ahli belajar mengajar dalam Sukartiningsih (2005: 13) mengemukakan bahwa belajar adalah suatu bentuk pertumbuhan dan perubahan  dalam diri seseorang yang dinyatakan dengan cara-cara bertingkah laku yang baru berkat pengalaman dan latihan. Sedangkan  Nasution dalam Sukartiningsih (2005: 13) mengemukakan bahwa belajar adalah usaha untuk mencari dan menemukan makna atau pengertian.
Tujuan pengajaran adalah mengarah pada peningkatan kemampuan baik kognitif, afektif,  maupun psikomotor. Kegiatan belajar mengajar tidak lagi sekedar menyampaikan dan menerima informasi, tetapi mengolah iformasi sebagai masukan pada usaha peningkatan kemampuan. Hal ini sejalan dengan pendapat Gagne dalam Sukartiningsh (2005: 13) yang mengemukakan bahwa ada lima macam hasil belajar, tiga diantaranya bersifat kognitif, satu bersifat afektif dan satu lagi bersifat psikomotorik.
Pengertian hasil belajar juga dikemukakan oleh Risda dalam Sunarto (2006: 6) hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh atau dicapai oleh siswa pada bidang studi tertentu dengan menggunakan tes atau evaluasi sebagai alat pengukur keterampilan. Sedangkan belajar matematika mempunyai makna sebagai kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk menghasilkan perubahan-perubahan pengetahuan.
Klik Tombol Disamping, Ketik Email Anda Untuk :

Artikel Terkait :